1. Raja Ampat

Sumber Gambar : ShoIB

Raja Ampat merupakan salah satu objek wisata Indonesia yang mendunia dan diakui Unesco. Keindahan pemandangan bawah lautnya menjadi daya tarik utama Pulau yang ada di ujung timur Indonesia ini. Dilansir dari situs Unesco, kecantikan Raja Ampat terletak di sebaran pulau-pulau kecil yang berbatasan dengan air laut, teluk, dan formasi batu karst menciptakan gradiasi warna yang apik.

Raja Ampat ini terdiri dari beberapa pulau besar dan bergunung-gunung, dengan yang terbesar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool, yang dijuluki Four Kings. Mengutip situs Kemlu, wilayah yang masuk dalam kepulauan Four Kings ini sangat besar.

Meliputi 9,8 juta hektare tanah dan laut, tempat bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis karang, dan 700 jenis moluska. Hal ini menjadikannya perpustakaan hidup paling beragam untuk biota terumbu karang dan bawah laut dunia. (Sumber detikjabar.com)

2. Labuan Bajo

Sumber Gambar : detik.com

Seperti namanya, pantai eksotis dan indah ini memiliki pasir berwarna merah muda. Pink Beach atau yang dikenal Pantai Merah di Pulau Komodo, menjadi satu dari tujuh pantai berpasir merah mudah di dunia.
Pemandangan luar biasa di Pink Beach sangat ciamik dijadikan spot foto. Tak hanya menikmati pemandangan pantai, wisatawan bisa melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving.
Wisatawan akan dimanjakan dengan beragam jenis ikan, batu karang, dan biota laut lainnya. Tak heran jika aktivitas snorkeling menjadi yang paling populer dan favorit di Pink Beach. (Sumber detikbali.com)

3. Gunung Bromo

Sumber Gambar : wallpaperflare

Menurut data Balai Besar Taman Nasional Tengger Semeru (TNBTS) tercatat sekitar hampir 600.000 wisatawan yang datang ke Gunung Bromo pada tahun 2017 silam untuk mengisi masa liburan dan melakukan aktivitas wisata ringan di Jawa Timur.

Tentu saja bukan tanpa alasan kenapa cukup banyak wisatawan yang di dominasi oleh turis Nusantara ini sangat penasaran ingin mengisi masa wisata di Gunung Bromo yang secara administrasi wilayah nya berada di 4 kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bisa dikatakan bahwa kawasan Gunung Bromo memiliki pemandangan alam yang paling indah di wilayah Jawa Timur. Kemegahan pemandangan alam Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok bisa kita dapatkan dalam satu kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Sumber tourdejava.net)

4. Candi Borobudur

Sumber Gambar : worldhistory

Wisata Candi Borobudur merupakan destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur merupakan candi peninggalan Buddha terbesar di dunia. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Sailendra antara 780-840 Masehi ini menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia.

Wisata Candi Borobudur tak pernah sepi pengunjung. Di wisata Candi Borobudur pengunjung dibawa untuk melihat kemegahan Candi yang berada di Kabupaten Magelang ini. Wisata Candi Borobudur juga menyimpan makna filosofis tentang kehidupan.

Wisata Candi Borobudur bisa ditempuh dari pusat kota Magelang sejauh 17 km dan Yogyakarta sekitar 40 km. (Sumber liputan6.com)

5. Bali

Sumber Gambar : inews

Tempat wisata di Bali selalu menjadi favorit untuk dikunjungi kapan saja. Tidak hanya diminati wisatawan domestik, keindahan Bali juga terkenal hingga mancanegara. Ada banyak hal menarik yang bisa dijelajahi wisatawan saat berkunjung ke Bali.

Anda bisa menikmati pantai eksotis yang jernih dan bersih, budaya dan adat istiadat yang sangat kental, hingga sejarah yang dapat mengedukasi siapa saja.

Tidak hanya terkenal memiliki pantai eksotis, di Bali, Wisatawan juga dapat menikmati tempat wisata lainnya, seperti air terjun, pegunungan, pura, danau, dan lainnya. Jangan lewatkan pula untuk mencicipi kuliner lezat yang tersaji di setiap tempat wisata di Bali. Anda bisa mencicipi sate lilit, ayam betutu, dan kuliner lezat lain. (Sumber inews.id)

7. Gunung Rinjani

Sumber Gambar: Pexels

Selain Gili Trawangan, di Nusa Tenggara Barat juga terdapat wisata yang tak kalah populer dan cocok bagi kamu yang suka mendaki, yakni Gunung Rinjani. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. 

Gunung Rinjani memiliki pemandangan terindah se-Asia dengan hamparan bunga edelweis dan Danau Segara Anak. Di tempat ini juga bisa menjadi spot menarik bagi para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. 

Namun sebelum itu, buatlah persiapan yang matang sebelum memutuskan untuk mendaki. Kamu juga perlu menyiapkan bekal mental dan stamina agar tidak menyerah di tengah jalan. (Sumber tokopedia.com)

8. Danau Toba

Sumber Gambar : Unsplash

Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara serta menempati peringkat dua danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Terletak di propinsi Sumatera Utara, Danau ini menyimpan berjuta pesona alam yang tak akan habis untuk dijelajahi.

Sejarah mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi super. Danau ini bak lautan luas jika dilihat di sepanjang pesisirnya. Anda akan dibuat kagum oleh keindahan Danau Toba ini, hamparan bukit barisan yang mengelilinginya dan pulau vulkanik yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Samosir (Sumber tripcanvas.co.id)

9. Wakatobi

Sumber Gambar : tribunnews

Wakatobi menyimpan sejuta pesona wisata, mulai dari keindahan wisata bawah laut, wisata pantai, peninggalan bersejarah, hingga seni budaya. Setelah ditetapkan sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas oleh pemerintah pusat, Wakatobi terus berbenah.

Wakatobi pada 2016 memang ditetapkan pemerintah menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Destinasi prioritas lainnya adalah Borobudur, Danau Toba, Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru; Pulau Komodo, Pulau Seribu, Tanjung Kelayang, Mandalika, Wakatobi, Morotai, dan Tanjung Lesung.

Data dari Taman Nasional Wakatobi memperlihatkan betapa Wakatobi layak dijadikan destinasi pariwisata prioritas. Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis karang (90 persen) di antaranya ada di Wakatobi. Dengan demikian, 90 persen jenis karang di dunia terdapat di Wakatobi. (Sumber kompas.id)

10. Kalimantan Timur

Sumber Gambar : tokopedia

Tempat wisata di Kalimantan Timur Pertama tentunya adalah Kepulauan Derawan. Pulau satu ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan wisatawan mancanegara pun sering sekali tampak berkungjung ke tempat ini.

Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Bagi para pecitna dunia bawah laut, Pulau Derawan bagaikan surga.

Dengan berbagai jenis karang dan jenis ikan, bahkan merupakan salah satu spot pari manta yang jumlahnya sedikit di dunia, Pulau Derawan harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kamu tidak hanya akan terkagum-kagum dengan berbagai keindahan di Pulau Derawan, namun juga tidak ingin meninggalkannya. Dijamin semua penat dan lelahmu sehari-hari dapat terobati bila berkunjung ke salah satu wisata Kalimantan Timur ini. (Sumber liputan6.com)


By aditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *